UPAYA ORANGTUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN REMAJA

UPAYA ORANGTUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN REMAJA DI DESA PAENRE LOMPOE KECAMATAN GANGKING KABUPATEN BULUKUMBA

Upaya Orangtua dalam Pembentukan Kepribadian Remaja

Gambar

No

Pertanyaan

Jawaban

SL

S

R

J

TP

1

Saya tertarik membaca buku yang membahas

tentang cara-care metnbentuk kepribadian anak

         

2

 Saya banyak berdiskusi dengan para orangtua tentang bagaimana membina anak-anak yang baik

         

3

Saya cermat din. dislipliji untuk melakukan segala

urusan baik di kantor maupun disekolah

         

4

Saya selalu mengajak anak saya dalarn setiap kegiatan yang berkaitan dengan masalah sosial kemasyarakatan

         

5

Semua kegiatan yang saya lakukan di rumah harus menjadi contoh bagi anak-anak saya

         

6

Hamper setiap  tamu yang datang di rumah mendapat pelayanan yang baik dari saya

         

7

Saya  melakukan kegiatan dengan penuh ketabahan, ketelitian dan kejujuran.

         

8

Saya  memperlihatkan kedisiplinan yang tinggi dalam memenuhi segala tugas dan kewajiban

         

9

Jika saya melakukan sesuatu maka saya memberitahukan berbagai altematif yang merugikan dan memperhitungkan

         

10

Dalam setiap makan bersama orang tua memberikan nasehat-nasehat

         

11

Saya member salam jika masuk dan keluar rumah

         

12

Saya senantiasa berbuat baik kepada semua orang sekalipun ada diantaranya yang sudah menyakiti saya

         

13

Setiap kegiatan masyarakat saya dan anak-anak

ikut terlibat di dalarnnya

         

14

Saya mendukung keuangan   setiap   ada kegiatan di masyarakat

         

15

Saya menganjurkan kepada anak-anak untuk mengatakan sesuatu dengan penal keramahan

         

16

Dalam berbicara saya selalu betutur kata yang halus dan memperlihatkan muka yang ceria

         

17

Saya memuji anak-anakku dengan penuh perhatian jika bertutur kata yang sopan

         

18

Saya selalu berusaha untuk tidak mengeluarkan kata-kata yang kasar kepada anak saya

         

 

19

Saya mengajak anak-anak pada waktu tertentu

untuk melaksanakan shalat berjamaah

     

20

Saya   mengajak   mereka  untuk  menjauhi  segala larangan agama

         

21

Dalam keluarga anak dibiasakan disiplin untuk

beribadah

         

22

 

 

 Saya mempelajari masalah agama bersama dengan anak anak di rumah

         

23

Hasil kajian buku agama saya informaslikan kepada anak-anakku

         

24

 

 

 

Saya rajin menjalankan semua yang dipetintalikan oleh Allah SWT

         

25

Saya     senantiasa    mengajarkan    kepada    anak‑

anakku untuk berbuat baik kepada teman-teman

sepergaulan

         

26.

Saya memberi hukuman terhadap anakku jika

tidak menjalankan ibadah

         

27

Saya terbuka dan mau menerima saran dari anak‑

anak saya jika saya melakukan suatu masalah

         

28

Jika ada anakku yang bermasalah maka saya menyeleisaikan dengan penuh kasih sayang

         

29

Saya mengajarkan kepada anak-anak untuk mengetahui batas-batas yang wajar dalam bergaul

dengan siapa raja

         

30

Saya memberikan kebebasan kepada anak saya

dalam bergaul sepanjang tidak melanggar norma

agama dan etika yang berlaku di masyarakat

         

31.

 

Tindakan yang saya lakukan terhadap anak-anak

dengan orang lain sesuai dengan aturan dan norma masyarakat yang berlaku

         

32

Jika anak saya sudah nasehati dan masih berpikir untuk menikahi           secepatnya saya akan melibatkannya untuk  menghindari hal diinginkan

         

33

 

34

Jika anak saya ingin melanjutkan sekolah maka

saya memberikan kesempatan

         

 

Saya bertanggung jawab dalam mengatur anak saya demi masa depannya

         

Leave a comment